Kamis, 10 Oktober 2013

Tutorial Membuat Sebuah Buku Menggunakan Microsoft Word



Pasti teman-teman sekalian sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya Buku. Membaca Buku?? Pasti juga sering. Namun, kalau membuat sebuah Buku, mungkin teman-teman pasti masih bingung bagaimana caranya membuat sebuah Buku itu. Disini, saya akan memberikan informasi kepada teman-teman tentang bagaimana caranya membuat sebuah buku itu dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Berikut ulasannya :-D
   
  1. Kita dapat membuat cover untuk buku yang kita inginkan dengan menggunakan fasilitas yang ada di Ms. Word. Karena Ms. Word yang saya gunakan versi 2010, teman-teman yang menggunakan Ms. Word 2010 bisa langsung klik pada menu Insert Cover Page
     
  1. Nah, setelah membuat cover, yang perlu teman-teman sekalian buat yaitu daftar isi di halaman selanjutnya. Apabila teman-teman ingin membuat titik-titik panjang pada daftar isi, untuk mempermudahnya, yang perlu teman-teman lakukan yaitu:
  •  Aktifkan ruler (penggaris), dengan meng-klik pada menu View Ruler.
  • Pada lembaran kerja yang masih kosong, ketiklah DAFTAR ISI pada baris pertama dan KATA PENGANTAR pada baris kedua. Pada posisi kursor yang sebaris dengan KATA PENGANTAR, teman-teman dapat meng-klik pada area batang ruler yang berwarna putih sehingga akan muncul tanda seperti huruf L berwarna hitam. Buatlah tanda tersebut sebanyak 2 buah, dan aturlah posisinya seperti gambar berikut:


  •  Selanjutnya, kliklah dua kali pada salah satu tanda L hingga muncul jendela seperti di bawah ini:

Setelah itu, aturlah hal-hal sebagai berikut :
Nilai pada Tab stop position dan Default tab stops bisa diabaikan saja
Pada Alignment klik Right
Pada Leader klik 2
Lalu Klik tombol Set
Lalu Klik OK

  • Setelah itu, perhatikan bahwa salah satu tanda L yang menghadap ke kiri berganti posisi menghadap ke arah kanan seperti gambar berikut:


  • Langkah selanjutnya, masih pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, pada papan keyboard tekan tombol Tab, maka akan terlihat posisi kursor meloncat pada tanda L terbalik dipenuhi tanda titik-titik seperti di bawah ini:



  • Langkah selanjutnya adalah tekan sekali lagi tombol Tab pada keyboard yang akan menuju ke tanda L yang kedua, lalu isikan angka halamannya. Pembuatan daftar isi telah selesai. Selanjutnya teman-teman dapat mengisinya sesuai yang diinginkan.
  1. Setelah membuat daftar isi, jika teman-teman ingin menyisipkan karakter lambang apapun yang ingin disisipkan teman-teman dapat menggunakan fasilitas Equation. Contohnya dengan meng-klik menu Insert Equation , maka akan muncul menu Design untuk memunculkan pilihan beragam equation.

4.      Kemudian, apabila teman-teman ingin membuat sebuah tabe, kalian dapat meng-klik lagi pada menu Insert Table. Maka teman-teman dapat mengatur tampilan tabel yang ingin disisipkan.





5.       Jika teman-teman ingin membuat tampilan huruf yang unik pada suatu paragraf, dapat digunakan fasilitas Drop Cap pada toolbars. Dengan langkah meng-klik menu Insert Drop Cap.


6.      Nah, apabila teman-teman ingin menambahkan objek, baik teks, angka, ataupun gambar pada bagian atas maupun bawah lembar kerja, yang mana objek tersebut akan tampil di seluruh halaman-halaman berikutnya, teman-teman dapat menggunakan fasilitas Header dan Footer pada toolbar yang ada pada menu Insert. Caranya dengan meng-klik menu Insert Header atau Insert Footer.




7.      Selanjutnya, jika teman-teman ingin memberikan pesan tertentu di halaman latar, dapat digunakan fasilitas Watermark pada menu Page Layout. Caranya dengan meng-klik menu Page Layout Watermark.
8.      Apabila teman-teman ingin menyisipkan point-point atau nomor pada tulisan kalian, kalian dapat menggunakan fasilitas Bullets dan Numbering pada menu Home. Caranya dengan meng-klik menu Home Bullets atau Home Numbering.







9.      Setelah itu, ada fasilitas Footnote, dimana fungsinya yaitu untuk memberikan keterangan atau uraian terkait dengan tulisan pada dokumen yang kita buat. Untuk menyisipkan Footnote, kita dapat meng-klik menu References Insert Footneote.
10.  Terakhir yaitu untuk penambahan kolom Koran. Apabila teman-teman ingin membuat sebuah dokumen menjadi beberapa kolom atau membuat sebuah tampilan seperti tulisan pada Koran umumnya, teman-teman dapat menggunakan fasilitas Column. Caranya dengan meng-klik menu Page Layout Columns.

     Nah, gimana teman-teman dengan Tutorialnya?? Pasti habis ngebaca artikel barusan pengetahuan teman-teman jadi bertambah lagi kan.. Dengan begini, kita tidak hanya tahu membaca sebuah Buku, tapi jika kita mau, kita juga dapat membuat buku hasil karangan kita sendiri. Selamat berkreasi ya teman-teman, semoga tutorial yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar